Selasa, 08 Januari 2013

LaLiga Best XI




source : ghanasoccernet.com
source : dailyfootbalnews.org
Semua orang penggemar sepakbola pasti tau kalo semalam di Zurich Swiss abis digelar FIFA Gala Dinner dan hasil dari malam itu adalah :

FIFA Ballon d’Or  -  Lionel “Alien” Messi
source : Getty Images













FIFA Women’s Player of The Year  Abby Wambach
source : Getty Images













FIFA World Coach of the Year  -  Vicente del Bosque
source : Getty Images













FIFA Puskás Award  Miroslav Stoch
source : Getty Images














FIFA Fairplay Award  - Uzbekistan Footbal Federation
source : TheUFF.com


















Lionel Messi mendapatkan 41.60% dari total suara didepan Cristiano Ronaldo yang cuma dapet 23.68% lalu disusul Andrés Iniesta sebesar 10.91% dari total suara yang masuk.

Sementara itu, Vicente del Bosque yang memenangkan penghargaan sebagai Pelatih Terbaik Tahun ini versi FIFA menyingkirkan saingannya dengan total suara 34.51% disusul dibelakangnya Jose “The Only One“ Mourinho dengan total suara sebesar 20.49%, dan Pep Guardiola yang hanya mendapatkan 12.91% suara saja.

Miroslav Stoch yang mendapatkan Puskas Award tahun ini (bagi yang belum tahu, Puskas Award merupakan penghargaan untuk pemain yang mencetak gol sangat indah), mengalahkan tendangan Radamel Falcao dan gocekan serta penyelesaian mautnya Neymar.

Dan kenapa judul topik saya diatas LaLiga Best XI? Sebab, 11 pemain terbaik yang dipilih oleh 50.000 pemain sepakbola di seluruh dunia menempatkan 11 pemain yang kesemuanya bermain di La Liga Spanyol. Kesebelas pemain tersebut, adalah Iker Casillas (Spain/Real Madrid) untuk posisi penjaga gawang; di posisi belakang ada Dani Alves (Brazil/Barcelona), Marcelo (Brazil/Real Madrid), Gerard Piqué (Spain/Barcelona) dan Sergio Ramos (Spain/Real Madrid); di posisi tengah terdapat nama Xabi Alonso (Spain/Real Madrid), Andrés Iniesta (Spain/Barcelona) dan Xavi Hernández (Spain/Barcelona); di posisi penyerang ada Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid), Radamel Falcao (Colombia/Atletico Madrid) dan Lionel Messi (Argentina/Barcelona). Bahkan nominasi 3 pelatih terbaik yang ada merupakan para pelatih yang pernah menukangi klub-klub di LaLiga Spanyol dan timnas Spanyol.

source : Getty Images

Dari nama-nama diatas, cuma Falcao yang berasal dari klub LaLiga selain duo penguasa Spanyol saat ini, Barcelona dan Real Madrid, yaitu dari Atletico Madrid.

Hal ini menimbulkan pertanyaan yang cukup membekas di benak saya. Apakah liga-liga besar Eropa semacam Premiership di Inggris, BBVA di Jerman, ataupun Serie-A di Italia kualitasnya ga kalah bagus dengan LaLiga Spanyol? Sebab dari deretan Best World XI diatas tidak ada satupun pemain-pemain dari liga diluar LaLiga Spanyol. Kemanakah perginya Robin van Persie, Wayne Rooney, Ashley Cole, Frank Ribery, sampai Giorgio Chiellini dan Andrea Pirlo?

Setiap orang pasti beranggapan sama dengan saya, bahwa sampai sekarang liga dengan kompetisi terketat dan paling menghibur adalah masih dari Premiership Inggris. Bayangkan saja, disaat liga-liga lain pada meliburkan diri untuk Natal dan Tahun Baru, Premiership justru memainkan pertandingan dengan selisih waktu kurang dari 5 hari. Tapi ironisnya, tidak ada satupun pemain yang bermain di Premiership masuk dalam pilihan Best World XI tersebut.

Jika dibandingkan dengan Dani Alves, jelas kualitas dan kemampuan Ashley Cole tidak diragukan lagi dan juga Cole memenangkan gelar UEFA Champions League musim lalu. Xabi dengan Pirlo? Menurut saya, peran Andrea Pirlo di Juventus sangat vital dibanding dengan peran Xabi Alonso di Real Madrid yang banyak terbantu dengan kehadiran Sami Kheidira. Robin van Persie? Tidak ada yang menyangsikan kehebatannya mencetak gol demi gol baik saat berbaju Arsenal ataupun klubnya sekarang, Manchester United.

Bagaimanapun juga, kita patut mengapresiasikan gelar-gelar tersebut dan wajib mengucapkan selamat kepada para pemenang yang terpilih. Keinginan saya sih, semoga di tahun depan gelar ataupun nominasi Best World XI yang terpilih merata di semua liga yang ada di dunia, tidak hanya dari LaLiga Spanyol saja. Mungkin di gelaran yang akan datang, kita tidak akan melihat lagi senyum mengembang dari Lionel Messi dan mendapati Cristiano Ronaldo tidak lagi mrengut mukanya. dari Indonesia mungkin, who knows?

Sumber : FIFA.com

2 komentar:

  1. Ini pasti konspirasi, topskor euro sekaligus pemegang gelar champions league ngga masuk best XI

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemana larinya vote untuk Fernando Torres? :))

      Hapus